Kiat Cerdas Kurangi "Food Waste"


Kalau bicara soal sampah pasti sudah tidak asing lagi didengar, atau bahkan kita sendiri merupakan pelaku penyumbang sampah terbanyak.

Negara Indonesia saat ini menduduki peringkat kedua penghasil sampah makanan. Waw. Sedih gak tuh?

Sampah makanan atau food waste. Makanan yang berlebih, tidak kemakan atau tidak habis dimakan, menjadi masalah serius loh! Bukan soal nama baik Indonesia tapi bagaimana keberlangsungan bumi kelak beserta penghuninya. 

Food waste yang dibuang sembarangan dan yang menumpuk di TPA dapat menghasilkan gas metana juga karbondioksida, gas-gas tersebut terbawa ke atmosfer sehingga merusak lapisan ozon

Padahal fungsi ozon sendiri untuk menjaga kestabilan suhu bumi, lapisan ozon yang rusak menyebabkan global warming.

Nah, di bawah ini ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi food waste:

1. Atur dan Kendalikan

Dalam hal makan, penting untuk mengatur sebaik mungkin, entah soal menu atau porsinya. Memasak sesuai dengan kebutuhan dan mengambil makanan saat makan sesuai dengan porsi, bukan berdasarkan nafsu. 

Mengendalikan diri dari rasa ingin makan ini dan itu ternyata bukan hanya menghemat uang belanja tapi juga meminimalisir makanan yang akan terbuang karena tidak habis atau sudah tidak layak dimakan.

2. Turunkan Gengsi

Saat di depan ramai orang, jangan gengsi untuk menghabiskan makanan yang dipesan atau yang kita ambil sendiri saat menghadiri hajatan. Terapkan dalam diri, justru MALU kalau tidak menghabiskan makanan, sebab mencerminkan kalau diri kurang bertanggung jawab.

Sebelum makan perkirakan dulu, apakah akan habis atau tidak. Kamu bisa menyisihkan separuh dan separuhnya lagi dimakan, sehingga tidak tercampur. Dengan begitu, bisa minta tolong pramusaji untuk membungkuskan makanan yang tidak habis tersebut dibawa pulang, biar saat di rumah bisa dimakan lagi. 

3. Bangun Kesadaran

Beritahukan pada keluarga, sanak-saudara untuk menerapkan perilaku-perilaku kiat mengurangi food waste. Jadikan itu penting untuk dilakukan. 

4. Pilah Pilih

Sampah itu bermacam-macam jenisnya. Jadilah cerdas dan tidak malas dengan memisahkan jenis sampah sesuai tempatnya. Perlakukan sampah sebagaimana mestinya. Misalnya, kita bisa menjual botol bekas untuk didaur ulang dan membuat kompos dari sampah organik.

5. Peran Pemerintah

Untuk mendukung perilaku mengurangi food waste pada masyarakat umum, pemerintah perlu menerapkan peraturan khusus, seperti denda. Melakukan penyuluhan di kota--desa terkait dampak dari food waste dan cara menguranginya. Juga memberikan bantuan berupa tong sampah di tempat umum ataupun di perumahan.


Mari bersyukur dengan mulai menghargai makanan dan alam yang menyediakannya. Bersabar menahan nafsu untuk makan dan membeli makanan yang berlebihan! 



#Gaya Hidup Minim Sampah Makanan

#Bandung Food Smart City




Komentar