Review Novel Sepakat Karya Puspita Deyu

Bismillahirrahmanirrahim. 

Assalamu'alaikum teman-teman. Udah pada tau belum sih sama KBM App? Itu loh! sebuah aplikasi yang merupakan pengembangan dari grup Komunitas Bisa Menulis, grup kepenulisan terbesar di Facebook. Sebenarnya sih, aku gak Facebook-an udah hampir dua tahun. Kenapa emang? Anu... menghindari mantan. Hahai, padahal boro-boro mantan, gebetan aja gak punya. Tew.

Kalau kamu nulis di Facebook, kan tulisannya bisa dikopas tuh, diakuisi sama orang yang males mikir, nemu yang bagus langsung deh diambil seolah itu karya sendiri. Wadau. Ini salah satu kenapa akhirnya KBM App terlahir di dunia kepenulisan. Terima Kasih tim KBM App.

Sebelumnya aku gak tertarik buat nulis  di situ, tapi karena desakan teman, jadi ya...sudahlah. O, ya sebelum teman-teman menjadi penjelajah tulisan para author di sana, mohon untuk jadi "pembaca yang bijak" ya! Jangan misuh-misuh pas baca kalau ternyata gak sesuai harapan, atau ke-enakan jadi lupa batasan. hiks. Download aplikasinya gampang banget kok, ada di playstore dan yang terpenting adalah kuota internet cukup. Hehe. Eh, bisa juga pakai wifi gratis di kantor, di sekolah, dsb.

Oke, sekarang kita langsung beralih ke intinya ya. Ehem, review novel yang tulisannya dengan gaya ngocol. Pernah nonton film "Insyaallah Sah" nah, kira-kira mirip begitu. Kisah kakak dan adik yang seru banget, bikin si bungsu pengen punya adik. Eh.



Judul Buku : SEPAKAT
Kategori Cerita : Religi Romance
Penulis : Puspita Deyu
Jumlah Bab : 34 

Siapa pun orangnya, pasti senang banget punya keluarga yang utuh, hangat, dan religius. Keluarga menjadi tempat ternyaman kedua untuk pulang, setelah Tuhan. Tapi dalam hidup gak ada yang tetap, akan ada yang pergi, akan ada yang hilang, semua memang udah suratan. Sebagai manusia, gak ada pilihan lain selain sabar. Sabar akan apa yang Tuhan ambil kembali dan syukur pada apa yang masih ditinggalkan untuk kita.

Arini dan Rijal, kakak-adik yang sering bertengkar namun saling merindukan kalau berjauhan. Percakapan mereka itu membumi banget, sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Bikin iri hati, pengen punya saudara yang seru banget kayak mereka.

Suasana hati penulis ketika menulisnya seperti naik roller coaster. Ketawa dan nangis sampai mata bengkak. Arini memiliki kisah cinta yang terbilang aneh juga rumit pada senior Rijal di pesantren, kisah cinta yang tak pernah dimulai namun dipaksa berakhir. Kok bisa sih? Apa yang membuat mereka akhirnya sepakat gak lagi saling menyimpan harap? Hmm, aku mencoba memahami apa yang mereka rasakan, dan akhirnya menemukan, yah, memang lebih baik begitu. Seperti apa yang menjadi keputusan mereka. Saling menjauh untuk menjaga.

Sebuah keluarga yang harmonis, namun setelah kepergian kedua orang tuanya menyisakan duka, kejadian demi kejadian seolah senang datang menghampiri Arini.

Arini melalui semua itu tanpa keluh kesah kepada Tuhan, mungkin karena didikan orang tua semasa  hidup ya? Menciptakan perempuan tangguh yang beriman kokoh. Ouw. Aku benar-benar ingin menjadi perempuan seperti Arini. Berkarakter dan Berprinsip.

Kisah dalam novel "Sepakat" ini cocok dibaca sama siapa aja, untuk orang tua agar mencontoh orang tua kakak-adik itu, dan untuk remaja bisa mencontoh mereka juga. Nah, untuk kisah Azam sendiri itu ada dalam novel yang Insyaallah akan dibahas lain waktu.

Karakter Rijal dan Azam hampir mirip, tapi juga banyak perbedaan. Daaan kabar baiknya, novel  tentang Rijal bakal segera diterbitkan juga di KBM App. Insyaallah.

Gimana? Penasaran sama kisah-kisah mereka? Yuk segera klik saja link di bawah ini.

Komentar