2 Alasan Kenapa Mulai Ngeblog


Halo! Kemarin udah bahas soal pentingnya nama blog, kali ini mau ngebahas alasan kenapa saya ngeblog. Kenapa sih emangnya?

Bentar! Kita ngobrol dulu ya!

Biasanya dipakai buat apa kak, akun blognya?

Tempat curhat sih. Hah! 

Seperti buat puisi, cerpen dan prosa ungkapan hati. Hasek. Masih ada kok sisa cerpennya Step Towords Syar'i , ini cerpen di blog yang masih .blogspot kupindahkan ke sini, yang lain-lain biarlah. Lagian tidak ingat sandinya. Hehe.

Sekarang akun blog-nya udah .com ya? Cieee.

Iya Alhamdulillah. Email-nya juga tidak pakai yahoo, udah pakai gmail. .com karena kalau mau domain tidak bisa pakai email Yahoo. Beli domain tidak sampai 2oo ribu untuk satu tahunnya kok. Kalau kamu pengen blog yang berdomain  puspitadeyu akan membantu mengarahkan.

Baiklah, langsung ke topik "Alasan Kenapa Mulai Ngeblog" kalau ditanya soal ini, jawaban saya ada dua :

  1. Pertama karena memang suka nulis ya, dan blog ini menjadi salah satu tempat menuangkan ide dan gagasan. Apa saja bisa ditulis di sini. 
  2. Kedua karena cuan, ternyata ngeblog bisa jadi hoki loh. Bisa jadi sumber penghasilan. Dan asyiknya lagi, kerjanya bisa sambil rebahan. Kaum rebahan, berpenghasilan. Kira-kira seperti itu motto-nya. Kaum rebahan yang pas keluar mendadak bisa jalan-jalan gratis, makan gratis. Kan lumayan tuh.


Dan untuk karena pertama yang memang suka nulis, membuat tulisan yang baik ternyata berdampak positif, bisa menginspirasi orang lain yang membacanya. Misal nge-share tentang gaya hidup, cerita pendek ataupun tentang pendidikan yang memang menjadi keahlian. 

Kalau jurusan kita geografi maka bisa nge-share tentang geografi juga. Dengan begitu secara langsung dan tidak langsung orang lain menjadi terbantu.

Oke, kita bahas ngeblog dapat Cuan. Kalau belum tau Cuan itu apa? arti cuan salah satu link yang membantu kalian.

Sebelum mulai atau sudah aktif nge-blog, kita musti tentukan dulu personal branding kita, biar orang-orang pada tau siapa kita, bidang dan skill apa yang dikuasai. Maksudnya, sebelum menginginkan kerjasama dengan orang lain, kan ada penilaian tuh dari mereka. Misal nih, kita suka dan mahir me-review sebuah produk atau buku. Maka kita akan dicari oleh mereka-mereka yang ingin mempromosikan buku maupun produknya.

Nah, dari sinilah kita akan dibayar sesuai dengan perjanjian kerja sama. 

Misal lagi, kita suka banget makan, dan sering nge-share foto makanan + resepnya ke blog. Hasil jepretan kita juga bagus, Insyaallah kita bakal dicari oleh mereka yang ingin dipromosikan makanannya. Mereka akan dikenal banyak orang melalui kita. Gitu.

Tapi, ada tapinya loh ya. Jangan sampai melanggar UU ITE dengan plagiat demi mendapat cuan,  saling sikut menjatuhkan blogger lain, dan share konten dewasa yang un faedah, serta pelanggaran-pelanggaran lain.

Baiklah...dari 2 alasan itu barangkali bisa dijadikan acuan juga buat teman-teman mulai ngeblog dari sekarang! 

Yuk! jadi blogger baik dengan mengisi blog kita dengan hal-hal yang bermanfaat. Jangan lupa terus belajar perbaiki tulisan dan apa saja tentang dunia perblogingan.


#BPNRamadan2021

Komentar